Assalamu'alaikum.........

selamat datang di blog saya *haris ilmawati*...:) dengan adanya blog ini saya sangat,sangat,sangaatt berharap bisa memberikan manfaat,menambah wawasan,mencurahkan pengetahuan, berbagi pengalaman...dan tentu saja mendapat nilai A+ dari pak dosen*sedikit melirik*..hehehe


Kamis, 12 Januari 2012

Pengembangan Media Sederhana

Pengembangan media sederhana yang akan dibahas disini adalah media grafis. Mengapa harus media grafis? Karena mudah dibuat sendiri oleh guru. Grafis adalah semua bahan ilustratif yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau buah pikiran kepada orang lain. tergolong media ini adalah berbagai media visual yang tidak diproyeksikan antara lain: gambar, bagan, diagram, grafik, poster, dan lain-lain.
Prinsip-prinsip umumuntuk mendesain media tersebut adalah :
1.       Kesederhanaan (simplicity)
2.       Kesatuan (unity)
3.       Penekanan (emphasis)
4.       Keseimbangan (balance)
Sedangkan alat-alat visual yang dapat membantu keberhasilan penggunaan media tersebut adalah:
1.       Garis
Suatu garis dalam media visual dapat menghubungkan unsure-unsur  bersama dan akan membimbing untuk mempelajari media tersebut dalam suatu urutan tertentu.
2.       Bentuk
Suatu bentuk yang tidak biasa (aneh) dapat menimbulkan suatu perhatian khusus pada sesuatu yang divisualisasikan.
3.       Ruang
Ruang terbuka di sekeliling unsure-unsur visual dan kata-kata akan mencegah kesan berjejal dalam suatu media visual. Kalau ruang itu digunakan dengan cermat, maka unsure-unsur yang dirancang menjadi efektif.
4.       Tekstur
Tekstur adalah unsure visual yang dijadikan sebagai pengganti sentuhan rasa tertentu dan dapat juga dipakai sebagai pengganti warna, memberikan penekanan, pemisahan, atau untuk meningkatkan kesatuan.
5.       Warna
Warna merupakan unsure tambahan terpenting dalam media visual, tetapi harus digunakan secara berhati-hati untuk memperoleh pengaruh yang terbaik. Pilihlah warna-warna yang merupakan unsure kesatuan  harmonis sebab terlampau banyak warna yang berbeda akan mengganggu pandangan dan dapat menimbulkan perbedaan persepsipada pesan yang dibawakan.