Assalamu'alaikum.........

selamat datang di blog saya *haris ilmawati*...:) dengan adanya blog ini saya sangat,sangat,sangaatt berharap bisa memberikan manfaat,menambah wawasan,mencurahkan pengetahuan, berbagi pengalaman...dan tentu saja mendapat nilai A+ dari pak dosen*sedikit melirik*..hehehe


Jumat, 13 Januari 2012

Pembelajaran Melalui Online Learning atau E-Learning


Dewasa ini kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan terus berkembang pesat dan canggih. Kontribusinya sudah dapat dirasakan oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak kecil sampai orang tua bahkan para lansia dapat menggunakan alat-alat elektronik dari yang paling sederhana sampai yang paling mutakhir seperti handphone, laptop, I pod, dan sebagainya. Dunia pendidikan pun tidak boleh menyia-nyiakan hal tersebut. Para pendidik harus pandai-pandai memanfaatkan segala jenis produk teknologi dan ilmu pengetahuan tersebut dengan sebaik-baiknya dan digunakan sebagi media pembelajaran yang dapat merekontruksi pembelajaran kepada peserta didik.
 
Salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan online learning atau biasa juga disebut electronic learning (e-learning). E-learning merupakan pembelajaran yang disajikan secara elektronik dengan menggunakan computer dan media berbasis computer.Sistem pembelajaran jarak jauh ini merupakan suatu metode instruksional antara pengajar dan pelajar untuk memberikan kesempatan belajar tanpa dibatasi oleh kendala waktu, ruang dan tempat serta keterbatasan sistem pendidikan tradisional. Pada sistem pembelajaran jarak jauh, pelajar tidak perlu datang kuliah, mendengarkan pengajar mengajar dan aktivitas pembelajaran konvensional lainnya. Siswa dapat belajar di rumah, mengerjakan soal-soal latihan. pembelajaran on-line adalah bagian dari pembelajaran berbasis teknologi yang memanfaatkan sumber daya Internet, intranet, dan extranet. Lebih khusus lagi Rosenberg (dalam Surjono, 2007) mendefinisikan e-learning sebagai pemanfaatan teknologi Internet untuk mendistribusikan materi pembelajaran, sehingga siswa dapat mengakses dari mana saja.
Dalam prakteknya e-learning memerlukan bantuan teknologi. Karena itu dikenal istilah: computer based learning (CBL) yaitu pembelajaran yang sepenuhnya menggunakan komputer, dan computer assisted learning (CAL) yaitu pembelajaran yang menggunakan alat bantu utama komputer. Di antara banyak fasilitas internet, ada lima aplikasi standar internet yang dapat digunakan untuk keperluan pendidikan, yaitu email, Mailing List (milis), News group, File Transfer Protocol (FTC), dan World Wide Web (WWW).


2 komentar:

  1. gimana kalo siswanya g punya int ernet bu guru..???

    BalasHapus
  2. siswanya emg gag punya,tp di sekolah kan ada pak guruu.. hehehe

    BalasHapus

silahkan post coment...saran dan kritik anda adalah penutup kekurangan kami...^_^